8.375 Calon Jamaah Umrah Kaltim Tunggu Kepastian Kemenag

- 27 Oktober 2021, 12:25 WIB
Ilustrasi umrah.
Ilustrasi umrah. /Pixabay/Adli Wahid/

PORTAL BONTANG - Angin segar bagi calon jamaah umrah asal Kaltim. Arab Saudi sudah memperbolehkan umrah dari luar negaranya.

Total, ada 8.375 calon jamaah umrah yang kini menunggu kepastian dan keberangkatan ke Tanah Suci. Kini mereka menanti petunjuk teknis dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Kepala Bidang penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kaltim Ahmad Ridhani menuturkan, belum menerima regulasinya dari pemerintah pusat termasuk kapan pemberangkatannya.

Berdasarkan informasi, juknis terkait pemberangkatan jamaah umrah tersebut masih dikoordinasikan dengan tiga Kementerian yakni Kemenag, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Luar Negeri.

"Kita masih menunggu keputusan pemerintah pusat mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita sudah menerima regulasi termasuk persyaratannya," ungkapnya dikutip PortalBontang.com dari situs Diskominfo Kaltim, Rabu, 27 Oktober 2021.

Dia meminta para calon jamaah umrah Kaltim yang tertunda keberangkatannya karena pandemi tidak menunggu terlalu lama untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Lebih lanjut dia menjelaskan, terdapat skenario dalam ibadah umrah ke depan. Yaitu jamaah umrah harus mengikuti ketentuan dari Arab Saudi.

Kemudian jamaah wajib mengikuti protokol kesehatan ketat sebelum keberangkatan, sesaat sebelum pelaksanaan ibadah umrah, dan saat kembali ke Tanah Air, seperti karantina.

Selanjutnya, keberangkatan dan kepulangan jamaah akan dilaksanakan terpadu satu pintu dari bandara Soekarno Hatta.

Halaman:

Editor: Muhammad ZA

Sumber: Diskominfo Kaltim


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x